Selamat Datang Di Blog Penjaskesrek'11 STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH ,Jangan Lupa Comment, Isi Guest Book, Dan Berbagi. Terima Kasih Atas Kunjungannya .

Minggu, 27 Maret 2016

PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI

Saya di sini akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana agar membuat siswa tetap senang dan nyaman dalam melakukan aktifikas pembelajaran penjas di sekolah dalam bentuk bermain. Mulai dari kegiatan pemanasan ,kegiatan inti dan kegitan pendinginan.
     1.      Pemanasan
           a)      Ketika kegiatan pemanasan statis
·        Siswa di bagi 4 kelompok .
·        Tiap kelompok berbentuk bulat
·     Guru memberi arahan bahwasanya : kelompok mana yang paling bagus melakukan senam statis akan mendapat nilai bagus begitu juga sebaliknya agar siswa termotivasi dalam melakukan gerakan pemanasan statis.
          b)      Ketika kegiatan pemanasan dinamis
·       Siswa di bagi 4 kelompok .
·       Tiap kelompok berbentuk bulat
·     Tiap Guru memberika arahan bahwasanya : kelompok mana yang paling bagus melakukan senam dinamis akan mendapat nilai bagus begitu juga sebaliknya agar siswa termotivasi dalam melakukan gerakan pemanasan dinamis.
          c)      Ketika kegiatan Lari
·        Siswa berlari bebas di lapangan
·        Guru memberi aba-aba :
Berdua : siswa harus berdiri berdua
Bertiga : siswa harus berdiri bertiga dan seterusnya 4,5 dan 6
Pohon kelinci : satu siswa berdiri dan siswa satu lagi berjongkok di depan siswa yang berdiri
Tembok : siswa harus memegang tembok
Bunga : siswa harus memegang bunga
Tiang : siswa harus memegang tiang
( Bisa yang lain nya di sesuaikan dengan kondisi di lapangan ) buat sekreatif mungkin.
·       Setiap aba-aba dari guru di aplikasikan oleh murid
·      Murid yang tidak melakukan aba-aba guru atau lama respon mendapat hukuman dari guru (seperti tetap berlari dll
·         permaianan dilakuakn selama 15 menit
·         Atau bisa juga bermain dengan hitam dan hijau
·         Murid di bagi 2 kelompok dan saling berhadapan
·         1 kelompok hitam dan 1 lagi kelompok hijau
·         Kelompok saling berhadapan dan saling mempunyai pasangan
·  Murid mendengar aba-aba dari guru, jika guru mengatan hitam maka kelompok hitam lari dan kelompok hijau mengejar dan sebaliknya jika guru mengatakan hijau maka kelompok hijau lari dan kelompok hitam mengejar .
·         Diberi batas jarak lari 10 meter
·     Jika ada yang dari kelompok yang berlari di tangkap beri hukuman untuk menggendong kawan lawanya .
·         Ulangi permainan ini 10 s/d 15 menit.

             d)     Kegiatan Pemanasan Gabungan ( Statis,Dinamis dan Lari )
·       Siswa Berbaris 1 barisan
·     Kemudian siswa berlari  kecil di garis lapangan bisa lapangan bola,basket ataupun volley
·        Siswa memdengar aba-aba atau pun peluit dari guru
·    Jika guru meniup peluit1x maka murid berhenti dan melakukan kegiatan pemanasa statis mulai dari ke kepala dan seterusnya .jika guru metiup peluit 2x maka murid kembali berlari kecil.
·    Lakukan sampai kegiatan pemanasa statis dan dimanis selasai.

            2.      Kegiatan Inti
Ketika kegiatan inti bisa di sesuain dengan cabor yang akan di ajarkan, coba buat sekreatif mungkin dengan cara membagi kelompok atau sebagainya dan di sesuaikan dengan materi yang akan di ajarkan .

o   Contok ketika materi renang :
Nama permainan         : Menjala Ikan
Alat dan fasilitas         : Kolam Renang dan Peluit
Prosedur                      :
·      Siswa disuruh membuat 2 kelompok, ( Kelompok Penjala dan Kelompok Ikan )
·       Kelompok Penjala 3 siswa sebagai jala dan kelompok 2 semua siswa sebagai ikan.
·    Kemudian kelompok Penjala saling berpegangangan tangan sebagai jala dan kelompok 2 berpencar sebagai ikan .
·     Nantinya kelopok penjala bertugas mengejar ikan yang ada di kolan renang dengan cara berjalan, berlari, dan kelompok ikan bertugas berenang menjauh dari penjala agar tidak tertangkap (sesuai perintah guru ).
·    Dan nantinya ketika siswa mendengar peluit panjang maka anak yang sebagai penjala mulai mengejar anak yang sebagai ikan dengan cara berjalan, berlari, sesuai perintah guru.
·    Sedangkan anak yang menjadi ikan berusaha menghindar dari kejaran anak yang sebagai penjala.
·     Dan jika nantinya ada anak yang sebagai ikan tertangkap oleh penjala maka anak itu selanjutnya juga menjadi penjala dan permainan berlanjut sampai ikan habis di jala semua sesuai komando dari guru.
·     Permainan dilakukan sampai anak yang sebagai ikan habis di jala oleh anak yang sebagai jala.

3.        Pendinginan
  •        Bagi siswa tiga kelompok
  •        Tiap kelompok duduk sejajar ke belakang
  •     Bermain Kelipatan : Guru memberi aba-aba , jika 2 maka kelipatan 2 dari depan sampai belakang 2.4.6.8.10 dan seterusnya .
  •       Jika ada kelompok yang salah beri hukuman yang ringan seperti urut kawan sesama kelompok atau patok ayam 5x atau 10x ( patok ayam : anngguk-angguk kelapa )
  •       Ulangi beberapa kali
  •      Kemudian, bisa juga dengan permainan mengoper bola dengan tangan dari depan ke belakang dan dari belakang ke depan lagi .
  •       Mengoper bola dengan tangan sambil duduk sejajar ke belakang .
  •       Bola di berikan dari depan .jika sampai belakang langsung di oper ke depan lagi .
  •       Mengoper nya melalui atas kelapa
  •       Kelompok yang paling cepat mengoper dan sampai ke depan adalah pemenang
  •       Kelompok yang kalah patok ayam 5X atau 10X


Dan masih banyak model-model permaianan lainnya yg dapat kita aplikasikan kepada siswa agar pembelaran yang di ajarkan tidak membuat siswa jenuh dan bosan.
Semoga bermanfaat, Salam Olahrga !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar