Saya
di sini akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana agar membuat siswa tetap
senang dan nyaman dalam melakukan aktifikas pembelajaran penjas di sekolah
dalam bentuk bermain. Mulai dari kegiatan pemanasan ,kegiatan inti dan kegitan
pendinginan.
1. Pemanasan
a) Ketika
kegiatan pemanasan statis
· Siswa di bagi 4 kelompok .
· Tiap kelompok berbentuk bulat
· Guru memberi arahan bahwasanya :
kelompok mana yang paling bagus melakukan senam statis akan mendapat nilai
bagus begitu juga sebaliknya agar siswa termotivasi dalam melakukan gerakan
pemanasan statis.
b) Ketika
kegiatan pemanasan dinamis
· Siswa di bagi 4 kelompok .
· Tiap kelompok berbentuk bulat
· Tiap Guru memberika arahan bahwasanya :
kelompok mana yang paling bagus melakukan senam dinamis akan mendapat nilai
bagus begitu juga sebaliknya agar siswa termotivasi dalam melakukan gerakan pemanasan
dinamis.
c) Ketika
kegiatan Lari
· Siswa berlari bebas di lapangan
· Guru memberi aba-aba :
Berdua : siswa harus
berdiri berdua
Bertiga : siswa harus
berdiri bertiga dan seterusnya 4,5 dan 6
Pohon kelinci : satu
siswa berdiri dan siswa satu lagi berjongkok di depan siswa yang berdiri
Tembok : siswa harus
memegang tembok
Bunga : siswa harus
memegang bunga
Tiang : siswa harus
memegang tiang
( Bisa yang lain nya di
sesuaikan dengan kondisi di lapangan ) buat sekreatif mungkin.
· Setiap aba-aba dari guru di aplikasikan
oleh murid
· Murid yang tidak melakukan aba-aba guru
atau lama respon mendapat hukuman dari guru (seperti tetap berlari dll
·
permaianan dilakuakn selama 15 menit
·
Atau bisa juga bermain dengan hitam dan
hijau
·
Murid di bagi 2 kelompok dan saling
berhadapan
·
1 kelompok hitam dan 1 lagi kelompok
hijau
·
Kelompok saling berhadapan dan saling mempunyai
pasangan
· Murid mendengar aba-aba dari guru, jika
guru mengatan hitam maka kelompok hitam lari dan kelompok hijau mengejar dan
sebaliknya jika guru mengatakan hijau maka kelompok hijau lari dan kelompok
hitam mengejar .
·
Diberi batas jarak lari 10 meter
· Jika ada yang dari kelompok yang berlari
di tangkap beri hukuman untuk menggendong kawan lawanya .
·
Ulangi permainan ini 10 s/d 15 menit.
d) Kegiatan
Pemanasan Gabungan ( Statis,Dinamis dan Lari )
· Siswa Berbaris 1 barisan
· Kemudian siswa berlari kecil di garis lapangan bisa lapangan
bola,basket ataupun volley
· Siswa memdengar aba-aba atau pun peluit
dari guru
· Jika guru meniup peluit1x maka murid
berhenti dan melakukan kegiatan pemanasa statis mulai dari ke kepala dan
seterusnya .jika guru metiup peluit 2x maka murid kembali berlari kecil.
· Lakukan sampai kegiatan pemanasa statis
dan dimanis selasai.
2. Kegiatan
Inti
Ketika
kegiatan inti bisa di sesuain dengan cabor yang akan di ajarkan, coba buat
sekreatif mungkin dengan cara membagi kelompok atau sebagainya dan di sesuaikan
dengan materi yang akan di ajarkan .
o
Contok ketika materi renang :
Nama
permainan : Menjala Ikan
Alat
dan fasilitas : Kolam Renang dan Peluit
Prosedur :
· Siswa
disuruh membuat 2 kelompok, ( Kelompok Penjala dan Kelompok Ikan )
· Kelompok
Penjala 3 siswa sebagai jala dan kelompok 2 semua siswa sebagai ikan.
· Kemudian
kelompok Penjala saling berpegangangan tangan sebagai jala dan kelompok 2
berpencar sebagai ikan .
· Nantinya
kelopok penjala bertugas mengejar ikan yang ada di kolan renang dengan cara
berjalan, berlari, dan kelompok ikan bertugas berenang menjauh dari penjala agar
tidak tertangkap (sesuai perintah guru ).
· Dan
nantinya ketika siswa mendengar peluit panjang maka anak yang sebagai penjala mulai
mengejar anak yang sebagai ikan dengan cara berjalan, berlari, sesuai perintah
guru.
· Sedangkan
anak yang menjadi ikan berusaha menghindar dari kejaran anak yang sebagai
penjala.
· Dan
jika nantinya ada anak yang sebagai ikan tertangkap oleh penjala maka anak itu
selanjutnya juga menjadi penjala dan permainan berlanjut sampai ikan habis di
jala semua sesuai komando dari guru.
· Permainan
dilakukan sampai anak yang sebagai ikan habis di jala oleh anak yang sebagai
jala.
3.
Pendinginan
- Bagi siswa tiga kelompok
- Tiap kelompok duduk sejajar ke belakang
- Bermain Kelipatan : Guru memberi aba-aba , jika 2 maka kelipatan 2 dari depan sampai belakang 2.4.6.8.10 dan seterusnya .
- Jika ada kelompok yang salah beri hukuman yang ringan seperti urut kawan sesama kelompok atau patok ayam 5x atau 10x ( patok ayam : anngguk-angguk kelapa )
- Ulangi beberapa kali
- Kemudian, bisa juga dengan permainan mengoper bola dengan tangan dari depan ke belakang dan dari belakang ke depan lagi .
- Mengoper bola dengan tangan sambil duduk sejajar ke belakang .
- Bola di berikan dari depan .jika sampai belakang langsung di oper ke depan lagi .
- Mengoper nya melalui atas kelapa
- Kelompok yang paling cepat mengoper dan sampai ke depan adalah pemenang
- Kelompok yang kalah patok ayam 5X atau 10X
Dan masih banyak model-model
permaianan lainnya yg dapat kita aplikasikan kepada siswa agar pembelaran yang
di ajarkan tidak membuat siswa jenuh dan bosan.
Semoga bermanfaat, Salam Olahrga
!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar