Selamat Datang Di Blog Penjaskesrek'11 STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH ,Jangan Lupa Comment, Isi Guest Book, Dan Berbagi. Terima Kasih Atas Kunjungannya .

Senin, 05 Agustus 2013

Makalah Sarana Dan Prasarana Olahraga

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pelaksanaan pendidikan nasional harus menjamin pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di tengah perubahan global agar warga Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam pergaulan nasional maupun internasional. Untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan tersebut, Pemerintah telah mengamanatkan penyusunan delapan standar nasional pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimum tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat:

(a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
(b) belajar untuk memahami dan menghayati,
(c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
(d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan
(e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana.Standar sarana dan prasarana ini untuk lingkup pendidikan formal, jenis pendidikan umum, jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu: Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Standar sarana dan prasarana ini mencakup:
1. kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah,
2. kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan, bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah.

PENGERTIAN
1. Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah.
2. Prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
3. Perabot adalah sarana pengisi ruang.
4. Peralatan pendidikan adalah sarana yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran.
5. Media pendidikan adalah peralatan pendidikan yang digunakan untuk membantu komunikasi dalam pembelajaran.
6. Lahan adalah bidang permukaan tanah yang di atasnya terdapat prasarana sekolah/madrasah meliputi bangunan, lahan praktik, lahan untuk prasarana penunjang, dan lahan pertamanan.
7. Ruang kelas adalah ruang untuk pembelajaran teori dan praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus.
8. Ruang guru adalah ruang untuk guru bekerja di luar kelas, beristirahat, dan menerima tamu.
9. Ruang UKS adalah ruang untuk menangani peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan dini dan ringan di sekolah/madrasah.
10. Gudang adalah ruang untuk menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, peralatan sekolah/madrasah yang tidak/belum berfungsi, dan arsip sekolah/madrasah.
11. Tempat berolahraga adalah ruang terbuka atau tertutup yang dilengkapi dengan sarana untuk melakukan pendidikan jasmani dan olah raga.
12. Tempat bermain adalah ruang terbuka atau tertutup untuk peserta didik dapat melakukan kegiatan bebas.
1.2 Tujuan
            Dalam proses pembuatan makalah ini ,khususnya pada mata kuliah sarana prasarana   
   memiliki tujuan yang sangat jelas:
·         Memenuhi salah satu mata kuliah sarana prasarana
·         Mengetahui sejauh mana sarana dan prasarana dari tiap sekolah dalam berbagai tingkatan (SD,SMP,dan SMA)
·         Dapat memodifikasi sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga tujuan pembelajaran bisa tetap tercapai


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PRASANA SEKOLAH

Sebuah SD/MI sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. ruang guru,
5. tempat beribadah,
6. ruang UKS
7. gudang,
8. ruang sirkulasi,
9. tempat bermain/berolahraga.
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. ruang laboratorium IPA,
4. ruang pimpinan,
5. ruang guru,
6. ruang tata usaha,
7. tempat beribadah,
8. ruang konseling,
9. ruang UKS,
10. ruang organisasi kesiswaan,
11. jamban,
12. gudang,
13. ruang sirkulasi,
14. tempat bermain/berolahraga.
Sebuah SMA/MA sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. ruang laboratorium biologi,
4. ruang laboratorium fisika,
5. ruang laboratorium kimia,
6. ruang laboratorium komputer,
7. ruang laboratorium bahasa,
8. ruang pimpinan,
9. ruang guru,
10. ruang tata usaha,
11. tempat beribadah,
12. ruang konseling,
13. ruang UKS,
14. gudang,
15. tempat bermain/berolahraga

     2.2 SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH
§  Tingkat SD (SD Buniseuri 1)
Sarana dan prasarana yang terdapat di SDN 1 Buniseuri antara lain:
1.      Permaian bola besar:
ü  Permainan bola voli(bola 4 buah)kumplit
ü  Permainan bola sepak (bola 2 buah )kumplit
2.      Permainan bola kecil:
ü  Bola kasti (bola 2)kumplit
ü  Tenis meja 1 set  kumplit
3.      Atletik:
ü  Bak pasir(tempat lompat jauh 1)
ü  Matras (2 buah )
ü  Loncat tinggi
ü  Tolak peluru (3 buah )
ü  Hullahup(2)
ü  Peralatan estapet (kumplit)
4.      Tape 1
5.      Pluit 2
6.      Stopwatch 1
7.      Tenaga pengajar 2

§  Tingkat MTS (MTS Gerba Cipaku)
1.      Permainan bola besar
ü  Bola voli 2
ü  Bola basket  4
ü  Bola sepak 1
ü  Ring basket 1
2.      Permainan bola kecil :
ü  Sepak takraw 3 buah
ü  Tenis meja 1 set
ü  Bulutangkis 1 set
3.      Peralatan atletik
ü  Tolak peluru 2 buah
ü  Lempar lembing  8 buah
ü  Lari gawang 1 set
ü  Bak pasir 1 set
ü  Alat loncat tinggi 1 set
4.      Pluit 2 buah
5.      Stopwatch  1
6.      Tape 1
7.      Matras 1
8.      Tenaga pengajar 2
§   Tingkat SMA(SMA N 1  Panawangan )
1.      Permainan bola besar:
ü  Permainan bola voli (bola 7 buah )kumplit
ü  Permaina bola sepak (bola 4 buah)kumplit
ü  Permainan bola basket(bola 7 buah )kumplit
2.      Permainan bola kecil:
ü  Sepak takraw  15 buah
ü  Tenis meja 2 set,bet 4 pasang
3.      Peralatan atletik :
ü  Tolak peluru 5 buah
ü  Lempar  lembing 8
ü  Lompat jauh 1
ü  Peralatan estapet kumplit
ü  Papan tolakan 4
4.      Stopwatch 4 buah
5.      Puit 4 buah
6.      Tenaga pengajar 2
7.      Matras 4

  BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Dengan memiliki sarana dan prasarana yang memadai khususnya saran adalam bidang pendidikan baik tingkat SD,SMP dan SMA sederajat maka akan mempercepat dan memperlancar target perencanaan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Selain itu dengan sarana dan prasarana yang memadai dapat mengembangkan potensi anak secara optimal untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya.
3.2  Saran
Dengan pembuatan makalah sarana dan prasarana ini diharapkan mampu bermanfaat untuk:
·         dapat menjadi dorongan  dan motivasi vasi sekolah atau lembaga yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai.
·         Diharapkan pemerintah lebih memperhatikan sarana dan prasarana disetiap bidang,terutama dalam bidang pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar