Istilah Autisme berasal dari
kata “Autos” yang berarti diri sendiri “Isme” yang berarti suatu aliran.
Berarti suatu paham yang tertarik hanya pada dunianya sendiri. Autistik adalah
suatu gangguan perkembangan yang kompleks menyangkut komunikasi, interaksi sosial
dan aktivitas imajinasi. Gejalanya mulai tampak sebelum anak berusia 3 tahun.
Bahkan pada autistik infantil gejalanya sudah ada sejak lahir (ikor.unesa.April
20, 2008).
Pembelajaran adaptif artinya
pembelajaran yang dirancang sesuai dengan kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus.
Pembelajaran adaptif ini bisa pula disebut pendidikan Luar Biasa (KOBIZ. Pembelajaran Adaptif. Thursday, May 29, 2008).
Olahraga Adaptif adalah Metode
Olahraga yang disesuaikan dengan kapasistas fungsional tubuh seseorang. Tidak
ada pemaksaan gerakan, intensitas dan frekuensi dalam melakukan olahraga ini
(Posted by jayapustaka. Friday, July 6, 2007).
Pembelajaran adaptif merupakan
pembelajaran biasa yang dimodifikasi dan dirancang sedemikian rupa sehingga
dapat dipelajari, dilaksanakan dan memenuhi kebutuhan pendidikan Anak
Berkebutuhan Khusus (ABK). Dengan demikian pembelajaran adaptif bagi ABK
hakekatnya adalah Pendidikan Luar Biasa (PLB). Sebab didalam pembelajaran
adaptif bagi ABK yang dirancang adalah pengelolaan kelas, program dan
layanannya (Hosni. Pembelajaran Adaptif. 2009).
Secara mendasar pendidikan
jasmani adaptif adalah sama dengan pendidikan jasmani biasa. Pendidikan jasmani
merupakan salah satu aspek dari seluruh proses pendidikan secara keseluruhan.
Pendidikan jasmani adaptif merupakan suatu sistem penyampaian layanan yang
bersifat menyeluruh (comprehensif) dan dirancang untuk mengetahui, menemukan
dan memecahkan masalah dalam ranah psikomotor. Hampir semua jenis ketunaan Anak
Luar Biasa memiliki masalah dalam ranah psikomotor. Masalah psikomotor sebagai
akibat dari keterbatasan kemampuan sensomotorik, keterbatasan dalam kemampuan
belajar. Sebagian Anak Luar Biasa bermasalah dalam interaksi sosial dan tingkah
laku. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa peranan pendidikan jasmani bagi
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sangat besar dan akan mampu mengembangkan
mengkoreksi kelainan dan keterbatasan tersebut.
Sifat program pengajaran
pendidikan jasmani adaptif memiliki ciri khusus yang menyebabkan nama
pendidikan jasmani ditambah dengan kata adaptif. Adapun ciri tersebut adalah:
· Program Pengajaran Penjas adaptif disesuaikan
dengan jenis dan karakteristik kelainan siswa. Hal ini dimaksudkan untuk
memberikan kesempatan kepada siswa yang berkelainan berpartisipasi dengan aman,
sukses, dan memperoleh kepuasan. Misalnya bagi siswa yang memakai kursi roda
satu tim dengan yang normal dalam bermain basket, ia akan dapat berpartisipasi
dengan sukses dalam kegiata tersebut bila aturan yang dikenakan kepada siswa
yang berkursi roda dimodifikasi. Demikian dengan olahraga lainnya. Oleh karena
itu pendidikan jasmani adaptif akan dapat membantu dan menolong siswa memahami
keterbatasan kemampuan jasmani dan mentalnya.
· Program Pengajaran Penjas
adaptif harus dapat membantu dan mengkoreksi kelainan yang disandang oleh
siswa. Kelainan pada Anak Luar Biasa bisa terjadi pada kelainan fungsi postur,
sikap tubuh dan pada mekanika tubuh. Untuk itu, program pengajaran pendidikan
jasmani adaptif harus dapat membantu siswa melindungi diri sendiri dari kondisi
yang memperburuk keadaannya.
· Program Pengajaran Penjas
adaptif harus dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan jasmani individu
ABK. Untuk itu pendidikan jasmani adaptif mengacu pada suatu program kesegaran
jasmani yang progresif, selalu berkembang dan atau latihan otot-otot besar.
Dengan demikian tingkat perkembangan ABK akan dapat mendekati tingkat kemampuan
teman sebayanya. Apabila program pendidikan jasmani adaptif dapat mewujudkan
hal tersebut diatas, maka pendidikan jasmani adaptif dapat membantu siswa
melakukan penyesuaian sosial dan mengembangkan perasaan siswa memiliki harga
diri. Perasaan ini akan dapat membawa siswa berperilaku dan bersikap sebagai
subyek bukan sebagai obyek dilingkungannya (Fnpinky’s Blog. Pendidikan
Jasmani Adaptif. Januari 8, 2010).
Diadaptasi Pendidikan Jasmani (APE) adalah sebuah sub-disiplin pendidikan
jasmani. Ini merupakan program individual yang dibuat untuk siswa
penyandang cacat dalam rangka untuk memastikan aman dan sukses peluang
pendidikan jasmani. Pendidikan jasmani melibatkan kebugaran fisik, motor
kebugaran, keterampilan motorik dasar dan pola, keterampilan olahraga air, tari
keterampilan, individu, kelompok permainan, dan olahraga (termasuk olahraga
seumur hidup). Diadaptasi Pendidikan Jasmani adalah layanan langsung, bukan
layanan terkait (Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas. 2009).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar